Senin, 15 Agustus 2016

Tingkatkan Bacaan Qur’an Ketikan Ramadhan




عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ بِالْخَيْرِ وَأَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ لِأَنَّ جِبْرِيلَ كَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ حَتَّى يَنْسَلِخَ يَعْرِضُ عَلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقُرْآنَ فَإِذَا لَقِيَهُ جِبْرِيلُ كَانَ أَجْوَدَ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ
Ibnu Abbas radliallahu 'anhuma, ia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah seorang yang paling ringan untuk berbuat kebaikan. Dan paling dermawan lagi pada bulan Ramadlan. Sebab, Jibril menemuinya pada setiap malam dalam bulan Ramadlan hingga ia berbaring sementara Rasulullah memperdengarkan bacaan Al Qur`annya. Maka di saat Jibril menemuinya, pada saat itu pulalah beliau menjadi orang yang lebih cepat berbuat kebaikan bahkan melebihi cepatnya angin yang berhembus. (HR. Bukhari: 1902)
Kita pasti sudah sangat paham dengan apa itu bulan ramadhan. Dimana Allah memuji  bulan tersebut dengan menurunkan Al-Qur’an didalamnya. Begitu juga Allah melipatgandakan hingga 70 kali lipat amal shaleh yang dilakukan pada bulan tersebut. Begitu juga Allah memuliakan dengan luasnya pintu ampuan yang Allah bukakan untuk hamba-Nya. Dan banyak keutamaan lain yang Allah turunkan untuk memuliakan bulan ini.
Maka Tidak heran jika pada bulan ini semua umat Islam berlomba-lomba mencari kebaikan, termasuk dalam membaca al-Qur’an atau sering disebut dengan tadarus. Sebagaimana hadits di atas yang menyebutkan bahwasannya rasulullah pada mulan mulia ini beliau memperdengarkan bacaan Al-Qur’annya kepada jibril setiap malam. Karena dengannya akan memberi syafa’at pada hari kiamat kelak bagi orang yang membacanya, sebagaimana sabda rasulullah Bacalah oleh kalian Al-Qur`an, karena ia (al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim)
Meningkatkan tadarus ketika bulan ramadhan merupakan sebuah amala yang dicontohkan oleh rasulullah. Namun, bukan berarti selain bulan ramadhan sedikit membaca al-Qur’an, melainkan anjuran untuk meningkatkan. Yang artinya jika selain ramadhan hanya mampu membaca 1 juz, ketika bulan ramadhan meningkat hingga 5 juz.
Akhwati... Kembali kita mengingat keutamaan yang telah Allah titipakan pada bulan ini. Dimana semua amal sholeh dilipatgandakan hingga 70 kali lipat. Maka saatnya kita tingkatkan amal shaleh, termasuk dengn memperbanyak tadarus al-Qur’an sebagaimana yang telah dicontohkan rasulullah. Semoga kelak bacaan tersebut dapat meberi syafa’at kepada kita. Wallahu ‘lam bish shawwab...
Fathul Bari juz 4
Tafsir Ibnu Katsir juz 2
Shohih Muslim-Baitul Afkar-


Tidak ada komentar: